Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Menuangkan Ide Bisnis Melalui Bmc

Di era digital ini, bisnis model canvas menjadi sangat populer dalam merancang dan mengembangkan sebuah rencana bisnis. Bisnis model canvas atau BMC adalah sebuah gambaran lengkap dan padat dari semua elemen yang terkait dengan bisnis atau ide bisnis yang ingin diwujudkan. BMC adalah alat yang bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengembangkan ide bisnis, perusahaan baru atau memperkenalkan produk baru ke pasar.

PRODI MANAJEMEN TINGKATKAN KEMAMPUAN DOSEN MELALUI WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL BISNIS MODEL

Salah satu contoh penggunaan BMC adalah dari Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman (UM). Prodi ini mengadakan workshop penyusunan proposal bisnis model pada 26 Maret 2021 lalu secara online. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun proposal bisnis model. Sehingga, proposal bisnis ini dapat dipakai sebagai rancangan pengajuan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

Prodi Manajemen Tingkatkan Kemampuan Dosen Melalui Workshop Penyusunan Proposal Bisnis Model

7 Ide Bisnis Rumahan Yang Paling Cocok Untuk Milenial

BMC juga bermanfaat bagi para pelaku usaha seperti milenial sebagai sumber ide bisnis. Ada berbagai macam ide bisnis rumahan yang dapat dipilih oleh milenial, selain dapat dilakukan di rumah, ide-ide tersebut tergolong mudah untuk dijalankan dan modalnya juga terjangkau oleh kalangan milenial. Kami akan memberikan beberapa ide bisnis rumahan yang paling cocok untuk milenial:

  1. Buka toko online
  2. Usaha kuliner
  3. Jasa cuci kendaraan
  4. Jasa delivery laundry
  5. Bisnis dropshipping
  6. Menjadi reseller
  7. Jasa pembuatan website dan iklan online

7 Ide Bisnis Rumahan Yang Paling Cocok Untuk Milenial

Cara Membuat Bisnis Model Canvas

Secara umum bisinis model canvas terdiri dari sembilan elemen utama yang harus diisi, yaitu:

  • Segmentasi pasar
  • Proposisi Nilai Pelanggan
  • Saluran distribusi
  • Hubungan Pelanggan
  • Sumber Pendapatan
  • Komponen Pengganti
  • Biaya
  • Kemitraan Kunci
  • Berbagai Aktifitas Utama

Apa itu Segmen Pasar?

Segmen pasar adalah suatu kelompok orang atau perusahaan yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama dalam produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Dalam mengidentifikasi segmen pasar, perusahaan harus menentukan target pasar dengan cara mengidentifikasi profil konsumen dan memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh segemen konsumen tersebut.

Apa itu Proposisi Nilai Pelanggan?

Proposisi nilai pelanggan adalah pernyataan tentang produk atau layanan yang menunjukkan mengapa produk atau layanan tersebut lebih baik daripada produk atau layanan yang ditawarkan oleh pesaing. Pernyataan ini dapat mencakup kualitas, kenyamanan, status, harga, atau fitur produk atau layanan tersebut.

Apa itu Saluran Distribusi?

Saluran distribusi adalah cara bisnis dalam menyalurkan produk atau layanan ke pasar. Bisnis dapat menggunakan saluran distribusi langsung maupun tidak langsung. Saluran distribusi dapat meliputi toko fisik, toko online, agen atau reseller.

Apa itu Hubungan Pelanggan?

Hubungan pelanggan adalah interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Hal ini dapat mencakup pengembangan produk atau layanan, pelatihan pelanggan, dukungan teknis, dan banyak lagi. Hubungan pelanggan dapat membantu perusahaan memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan mereka dan memberikan solusi yang sesuai.

Apa itu Sumber Pendapatan?

Sumber pendapatan adalah sumber utama bisnis untuk menghasilkan uang. Bisnis dapat memilih menggunakan model bisnis berbasis langganan, penjualan langsung, transaksi, iklan, dan banyak lagi. Sumber pendapatan dapat mempengaruhi strategi bisnis secara keseluruhan dan mempengaruhi harga penjualan produk atau layanan.

Apa itu Komponen Pengganti?

Komponen pengganti adalah penawaran produk atau layanan yang sama dengan pesaing, namun dapat lebih menguntungkan bagi pelanggan. Contohnya, jika pesaing menawarkan produk setelah pembelian, bisnis dapat menawarkan produk gratis dengan pembelian. Komponen pengganti dapat membantu bisnis bersaing dengan pesaing dan meningkatkan penjualan.

Apa itu Biaya?

Biaya adalah semua biaya yang terkait dengan bisnis. Dalam bisnis model canvas, biaya dapat dibagi menjadi biaya tetap dan variabel. Biaya tetap adalah biaya yang tetap dan sama setiap bulannya, sedangkan biaya variabel dipengaruhi oleh banyak faktor seperti harga bahan baku atau keuntungan per produk.

Apa itu Kemitraan Kunci?

Kemitraan kunci adalah kemitraan yang dibentuk dengan perusahaan atau organisasi lain untuk mencapai tujuan bersama. Kemitraan kunci dapat membantu bisnis dalam berbagai hal seperti dalam pengembangan produk atau layanan baru, beriklan, dan lain-lain.

Apa itu Berbagai Aktifitas Utama?

Berbagai aktifitas utama adalah aktivitas utama yang harus dilakukan oleh bisnis untuk menjalankan operasional bisnis. Aktivitas ini termasuk dalam desain produk, pengembangan produk, manufaktur, pemasaran, dan pengiriman.

Bagaimana cara pembeli melakukan pembayaran melalui link Request Payment?

Dalam menjalankan bisnis, seringkali terjadi masalah dalam proses pembayaran. Namun sekarang, dengan hadirnya fitur pembayaran menggunakan link Request Payment di aplikasi digital seperti DANA, proses pembayaran tidak perlu lagi menjadi masalah. Berikut adalah cara pembeli melakukan pembayaran melalui link Request Payment di DANA:

  1. Buka aplikasi DANA
  2. Pilih Menu “Terima Pembayaran”
  3. Buat Link QR
  4. Bagikan Link kepada Pelanggan

Bagaimana cara pembeli melakukan pembayaran melalui link Request Payment? - DANA BISNIS

Cara Membuat Bisnis Model Canvas Secara Efektif

Berikut adalah cara membuat bisnis model canvas secara efektif:

  1. Ketahui tujuan Bisnis Model Canvas
  2. Pilih Tim Anda
  3. Tentukan segmentasi pasar Anda
  4. Kembangkan proposisi nilai pelanggan Anda
  5. Identifikasi saluran distribusi
  6. Pertimbangkan sumber pendapatan
  7. Pikirkan tentang biaya bisnis Anda
  8. Pertimbangkan kemitraan bisnis Anda
  9. Rancang kegiatan utama Anda
  10. Uji dan evaluasi bisnis model canvas Anda

Keuntungan dari Penggunaan Bisnis Model Canvas

Berikut adalah beberapa keuntungan dari penggunaan bisnis model canvas:

  1. Memudahkan dalam Merencanakan Strategi Bisnis
  2. Meningkatkan Efisiensi Operasional Bisnis
  3. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan
  4. Memfasilitasi Komunikasi Bisnis yang Lebih Baik
  5. Menyediakan Sarana untuk Menjelaskan Model Bisnis kepada Calon Investor

Tips Mengembangkan Bisnis dengan Bisnis Model Canvas

Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan bisnis dengan bisnis model canvas:

  • Selalu perbarui bisnis model canvas Anda
  • Jangan takut untuk berubah dan mengadaptasi keadaan yang baru
  • Berpikir berdasarkan nilai, tidak hanya berdasarkan produk yang dijual
  • Kumpulkan masukan dari pelanggan dalam pengembangan produk
  • Beberapa ide mungkin perlu waktu untuk dievaluasi dan dikembangkan

Dalam kesempatan ini, kami telah memberikan penjelasan lengkap mengenai bisnis model canvas. Dalam bisnis, penggunaan bisnis model canvas menjadi sangat penting untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang model bisnis yang dijalankan. Dengan penggunaan BMC, perusahaan dapat menentukan prioritas dalam mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan, membuat rencana pemasaran, menjalin kemitraan, dan mengoptimalkan biaya bisnis. Selain itu, bisinis model canvas juga sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha dan milenial dalam pencarian sumber ide bisnis yang kreatif dan inovatif.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Menuangkan Ide Bisnis Melalui Bmc"